SMK Negeri 1 Ujungbatu Lindungi Siswa Pakai Jamsostek

Editor : Palasroha Tampubolon

RIAUMERDEKA - Program Jaminan Sosial adalah perlindungan sosial untuk menjamin seluruh tenaga kerja dan keluarganya. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak pada saat terjadi resiko, yang menyebabkan berkurangnya atau hilangnya penghasilan.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri I Ujungbatu Sabarudin,
Saat pelepasan anak magang Tahun 2021 sebanyak 358 siswa, Sekaligus penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan dihalaman  SMK Negeri I Ujungbatu, Senin (4/10/2021).

Sementa Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Kabupaten Rohul, Ridwan Lubis menjelaskan, Terkait manfaat Jamiana Kecelakaan Kerja Biaya Trasportasi dari tempat kejadian kecelakaan ke rumah sakit. 

Dikatakan, Semua Biaya pengobatan dan perawatan, penggatian upah  diterima setiap bulannya oleh peserta.  Selama masih dalam perawatan, Sementara Jaminan Kematian apabila musibah meninggal dunia terjadi bukan akibat kecelakaan kerja BP JAMSOSTEK akan membayarkan santunan sebesar 42 Juta apabila sudah terdaftar dan membayar iuran.

Ketua Komite SMK Negeri I Ujungbatu Dhonel mewakili orang tua siswa menyambut baik program tersebut. Sehingga siswa yang magang mendapatkan jaminan perlindungan Jamsostek.

Adapun Jaminan Sosial yang diikuti adalah Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Iuran Program JKK dan JKM sebesar Rp.16.800- (Enam belas ribu delapan ratus rupiah) per orang per bulan atau Rp.201.600 (Dua ratus seribu enam ratus  Rupiah) per orang per tahun.
(RED/RL)