Kado Natal Akhir Tahun 2017

4 Rumah Ibadah di Ujungbatu Dilanda Banjir


RIAU MERDEKA - Sekitar 50 rumah warga RT.04/RW.010 Lingkungan Harapan Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Minggu, (24/12/2017) digenangi banjir. Banjir tersebut disebabkan tingginya debit curah hujan yang terjadi Sabtu malam yang diperkirakan selama lima jam.

Demikian disampaikan Ketua RT. 04/RW. 010 Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Ujungbatu, Simbolon kepada awak media saat dijumpai di tempat lokasi banjir. "Menurut perkiraan, Sebanyak 50 rumah warga Gang Horas sekitarnya saat ini masih direndam banjir, "terangnya.

Tak hanya rumah warga yang digenangi banjir, Akan tetapi sebanyak 4 rumah ibadah yaitu, Gereja Khatolik, Gereja GPI, Gereja HKI dan Advent juga terkena  banjir yang kedalamannya mencapai satu meter.

Akibatnya, Sejumlah gereja tidak bisa menjalankan agenda ibadah Minggu dan ibadah peringatan Natal yang seyogyanya diperingati setiap tahunnya.  "banjir serupa pernah terjadi sekitar tujuh belas tahun yang lalu. Selain curah hujan yang cukup tinggi juga dikarenakan tidak maksimalnya draenase dan pembuangan air yang memadai, "imbuh Simbolon.

Dikatakan, Sampai saat ini belum ada pendataan yang dilakukan oleh pihak Kelurahan Ujungbatu maupun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu. Menurut Simbolon, Hujan terjadi mulai sore, namun pada jam 05. WIB subuh barulah banjir merendam sejumlah rumah warga.

"Semoga pihak pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sensitif akan kondisi masyarakat korban banjir yang ada diwilayah Kelurahan Ujungbatu, Khsususnya Gang Horas dan Jalan Durian Ujungbatu, "harap Simbolon.

Salah seorang Jemaat Gereja Khatolik Santo F Sitanggang Gang Horas mengaku, pihaknya prihatin dengan bencana banjir yang menggenangi Gedung Gerejanya. "Kami berdoa semoga ada alternatif lain untuk bisa kami dapat melaksanakan peringatan Ibadah Natal pada 25 Desember besok, "harapnya.

Penulis    : Palasroha Tampubolon
email       : redaksi.riaumerdeka@gmail.com