Tolak Pergubri, Gabungan Organisasi Pers Akan Gelar Demo

Editor : Palasroha Tampubolon

RIAUMERDEKA - Menindaklanjuti perjuangan puluhan organisasi Pers di Provinsi Riau, diantaranya Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), APPI, SPI, PWRI, PWRIB, PPWI, AJOI, IPJI, PJI, Saatnya Organisasi Pers menolak Pergub Riau Nomor 19 Tahun 2021 turun gunung, Dengan melakukan aksi demonstrasi menuntut Pergub tersebut dicabut.

Demikian disampaikan Koordinator Pergerakan Tolak Pergub Riau, Feri Sibarani, STP melalui pres rilisnya yang diterima Riau Merdeka Com, Kamis (23/9/2021).

"Tujuannya kita agar Gubernur Riau Drs Syamsuar harus mencabut Pergub no 19 Tahun 2021 tentang kegiatan Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Lingkungan Pemprov Riau, karena bertentangan dengan UUD 45 dan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, khususnya terkait Prinsip demokrasi dan HAM, serta kemerdekaan Pers dan pengaturan tentang perusahaan Pers dan Wartawan, "Kata Feri.

Akibat Pergubri itu, akan timbul dan merugikan kehidupan Pers adalah sebagai berikut:
Pertama, Terjadinya Diskriminasi Pers dalam rangka publiaksi Kegiatan Pemprov Riau dan Kerjasama media. Kedua, Kerugian materil/ekonomi perusahaan Pers dan wartawan karena tidak mendapat kesempatan untuk Kerjasama di Pemprov Riau.

Ketiga, Pergub Syamsuar juga akan menjadi pedoman seluruh Pemerintah kabupaten/kota lainnya di provinsi Riau karena dianggap sebagai cara jitu untuk membuang sejumlah media dan wartawan yang belum terverifikasi di Dewan Pers dan belum UKW. Padahal itu bertentangan dengan UUD 45 dan UU Pers. Dan Pemerintah Kabupaten/Kota akan menerbitkan Pebub/Perwako dan akan memberlakukan hal yang sama.

Keempat, Hancurnya marwah Pers Riau dan Indonesia nantinya, karena akibat Pergub ini, seakan tidak ada artinya pengaturan tentang perusahaan Pers dan Wartawan di UU Pers, bahkan Pergub ini juga sangat bertentangan dengan isi UUD 45 terkait sistem demokrasi dan HAM.

Untuk itu, saatnya kita semua bersiap diri, dan kepada Ketua-ketua Organsiasi Pers yang tergabung dalam pergerakan ini, agar mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran dan anggota masing-masing guna menyatukan kekuatan dan kekompakan dalam aksi yang akan kita gelar tidak lama lagi. Sebab jika misi persekongkolan untuk monopoli anggaran media ini tidak kita hentikan dengan segala cara, maka kedepannya kita yang bukan aliansi Dewan Pers akan tinggal penonton, "Imbuhnya.

Dikatakan, Gabungan Organisasi Pers di Provinsi Riau akan segera mengadakan aksi unjuk rasa demi kemerdekaan Pers dan Hak Asasi Manusia kita selaku warga negara, khususnya dalam dunia Pers, yang merupakan Profesi kita dalam menghidupi keluarga, anak dan istri kita, "Tandasnya.
(RED/RL)