Menjelang Pemilu 2024, Ormas Onur Terbentuk di Rohul

Editor : Palasroha Tampubolon

RIAUMERDEKA - Menjelang Pesta Demokrasi Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024, Organisasi Etnis tertentu di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) makin menjamur bagaikan dimusim hujan Hal ini diduga anggota kelompok masyarakat tersebut tidak puas dengan keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas) sebelumnya.

Pasalnya, Sekelompok masyarakat Etnis Nias melaksanakan pemilihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ora Hua Nias Nusantara (Onur) secara demokrasi. Pada kesempatan itu, Hendrik Halawa terpilih sebagai Ketua DPD Onur Rohul, Sabtu, (9/10/2021).

Pembentukan DPD Onur Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Periode Tahun 2021-2025 dilaksanakan di Kediaman Rahmad Delau JL. Rokan, Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Rokanhulu. Sementara Calon Nomor 1 (satu) Hendrik Halawa, Calon Nomor 2 (dua) Pdt Waruhu dan Nomor 3 (tiga) Samuel Gule.

Ketiga kandidat tersebut dipilih oleh Peserta Pemilihan dengan hak pilih dari peserta yang hadir dari beberapa tokoh agama, Tokoh adat Nias dan masyarakat utusan dari beberapa Kecamatan di Rokan Hulu.

Adapun Hendrik Halawa mendapatkan suara terbanyak dan terpilih sebagai Ketua DPD Onur Kabupaten Rohul, Sekretaris, Iswanto Ndruru, dan Bendahara,Yanuari Zega.

Dalam Pidatonya Hendrik Halawa berjanji akan membangun organisasi menjadi wadah pemersatu, merangkul seluruh masyarakat Nias yang ada di Kabupaten Rohul dan dapat berdampak di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Nias.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan panita pembentukan struktur kepengurusan DPD Onur Ruhul yang telah memberikan saya amanah sebagai Ketua DPD Onur Rohul, "Kata dia.

Masih di tempat yang sama, Ketua Panitia pembentukan Kepengurusan DPD Onur Kabupaten Rohul, Iswanto Nduru berharap dengan terbentuknya DPD Onur di Rohul dan terpilihlah Hendrik halawa sebagai Ketua dapat menjalankan program yang berpihak ke masyarakat Nias.
Penulis : (Andi Harianja)