Wartawan Rokan Hulu Berduka

Mantan Wartawan Riau Tribune Mahotma Tobing Meninggal Dunia

RIAUMERDEKA - Hampir seluruh Wartawan di Kabupaten Rokanhulu (Rohul) berduka dan merasa kehilangan atas sosok seorang mantan wartawan fonomenal, kritis dan tangguh.

Pasalnya, Mahotma Tobing dinilai sosok Wartawan Harian Pagi Riau Tribune dinilai kritis dan solutif dimasa Pemerintahan Bupati H Ramlan Zas.SH.MH dan masa Pemerintahan Bupati Rohul Drs H. Achmad,M.Si beberapa tahun yang silam.

Setelah menderita penyakit Kronis dalam kurun waktu beberapa bulan, Mahotma Tobing berusia sekitar (61 Tahun), akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Jam. 09 00 WIB di Rumah Sakit Awal Bros Pekan Baru, Senin, (18/7/2021).

Informasi meninggalnya Mahotma Tobing terungkap, Saat Wartawan menghubungi Isteri Almarhum Br Silalahi melalui telepon selulernya. Seketika diketahui kabar tersebut, Sontak membuat duka yang amat mendalam bagi keluarga dan sahabatnya. Hal itu terlihat saat Ambulance dari Pekanbaru tiba  dirumah duka di Ujungbatu, langsung disambut belasan wartawan media online dan media cetak yang menunggu kedatangan jenazah.

"Saya merasa sangat sedih, banyak rangkaian kenangan yang kami rajut. Sehingga susah untuk dilupakan sampai akhir hayat saya nanti. Terlebih ketika kami membesarkan media cetak harian pagi Riau Tribune sekitar pada tahun 2004 silam, "Ungkap Hasiholan Simanjuntak yang merupakan kerabat dekat almarhum.

Dikatakan, Meskipun media harian pagi  Riau Tribune sudah lama tidak terbit, dimana Mahotma Tobing sebagai wartawan liputan daerah Kabupaten Rokanhulu kala itu. Namun masih segar dalam ingatan sebahagiaan besar masyarakat Negeri Seribu Suluk, Sosok Vigor almarhum dinilai memiliki dedikasi dan kompetensi saat menjalankan tugasnya sebagai wartawan.

"Bukan saja dikalangan rekan satu profesi, almarhum dikenal seorang yang familiar dan gemar berdiskusi terkait sosial, politik dan budaya ditengah penduduk Rokanhulu yang heterogen.  Tak hanya itu, Ia juga sempat dekat dengan pejabat teras Kabupaten Rokanhulu, seperti Bupati H Ramlan Zas.SH.MH dan Ketua DPRD Kabupaten Rokanhulu Teddy Mirza Dal sekitar pada tahun 2000."Pungkas Hasiholan Simanjuntak dengan raut wajah sedih.

Sebelum bergabung di Media Cetak Harian Pagi Riau Tribune, Mahotma Tobing menapaki profesinya sebagai wartawan di Tabloid Mentari pada tahun 1999, yang mana Pemimpin Umum Tabloid  Mentari tersebut adalah drh.Chaidir.MM Ketua DPRD Provinsi Riau saat itu.

Semasa hidupnya, Almarhum pernah bercerita terkait perjalanan studi bandingnya ke Malaysia di utus oleh redaksi Tabloid Mingguan Mentari pada tahun 1999. Ia juga pernah mendapat tugas liputan Rakernas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Denpasar Bali . Dan tugas peliputan Muktamar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta oleh Redaksi Riau Tribune pada tahun 2004 silam.

Penulis : Palasroha Tampubolon