Harga TBS Sawit di Riau Merangkak Naik

PEKANBARU - Harga kelapa sawit periode 25 – 01 November mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 71.89/Kg atau mencapai 3.41 ?ri harga minggu lalu.


Kepala dinas perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, dengan kenaikan tersebut harga pembelian sawit petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.181.87/Kg. Kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.


"Untuk faktor internal, kenaikan harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," kata Zulfadli usai pelaksanaan rapat penetapan harga kelapa sawit di kantor Dinas Perkebunan Riau, Rabu (25/11/2020).


Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 178,00/kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 287,70/Kg, PT. Astra Agro mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 37,00/kg, PT. Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 148,52/Kg.


"Sementara dari faktor eksternal, naiknya harga minggu ini karena harga kontrak pengiriman Februari di Bursa Malaysia Derivatif Exchange menguat 1,4% ke level RM 3.410/ton. Harga CPO kini sudah berada di level tertingginya dalam delapan tahun setengah terakhir," jelasnya. Sumber :(MCR/MS)