Pengelola Tol Pekanbaru-Dumai Gelar Operasi Mengantuk

RIAUMERDEKA || PEKAN BARU- Besok, pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) gelar operasi microsleep (mengantuk). Operasi digelar pada, pukul 02.00 dini hari hingga 05.00 WIB, Selasa (20/10/20).


Demikian dikatakan Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Indrayana, Senin (19/10/20). Tujuan dari operasi microsleep, guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan bebas hambatan sepanjang 131 kilometer tersebut. 


"Rencananya kita gelar operasi microsleep dini hari nanti. Antara pukul 02 sampai jam 5 pagi," kata Indrayana. 


Operasi microsleep akan difokuskan di resk area 45, jalur ambon. Di resk area ini, pengendara akan dicek kesehatannya. Pengecekan gratis. Tujuannya, untuk memastikan kondisi fisik dari sopir. Kemudian, bagi pengendara yang terindikasi lelah atau mengantuk diberi kopi dan kue. 


Ada pun alasan pihak pengelola jalan tol Permai memfokuskan operasi microsleep, karena banyak kejadian kecelakaan di tol Permai, terjadi disekitaran resk area ini. 


"Inilah alasan kita melaksanakan operasi microsleep di resk area ini. Karena memang banyak kecelakaan di sekitaran reas area ini," ungkap Indrayana.


Ada petugas kesehatan yang disiagakan sebanyak enam orang. Kemudian ditambah lagi petugas dari Patroli Jalanan Raya (PJR) dan kepolisian. 


Indrayana berharap, dengan adanya operasi microsleep dapat menekan angka kecelakaan. Terlebih disebabkan faktor kelelahan dalam berkendaraan.
Sumber : (MCR/mtr)