Ibadah Kurban Wujud Kepedulian Terhadap Sesama


RIAU MERDEKA - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim mengapresiasi warga muslim yang melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini, karena ibadah kurban adalah wujud kepedulian terhadap sesama.

Hal itu diungkapkan Wabup saat melaksanakan Sholat Idul Adha 1439 Hijriyah di Masjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak, Selatpanjang, Rabu 22 Agustus 2018.

Pada kesempatan itu Wabup mengajak seluruh masyarakat Kepulauan Meranti untuk meningkatkan amal ibadah dengan meramaikan masjid agar daerah ini selalu diberikan keberkahan oleh Allah dan dijauhi dari segala musibah.

Di tempat berbeda, Sekda Yulian Norwis bersama Forkopimda dan jajaran Pejabat Pemkab melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama masyarakat di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya sebelum Sholat Idul Adha, Wakil Bupati Said Hasyim mengucapkan selamat Idul Adha kepada seluruh masyarakat muslim Kepulauan Meranti dimanapun berada.

"Saya mengapresiasi warga muslim yang melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini, karena kurban merupakan wujud kepedulian terhadap sesama," ujarnya.

Wakil Bupati juga mengajak seluruh jemaah untuk mendoakan saudara sebangsa yang sedang mengalami musibah di Lombok, Provinsi NTB, selain itu mengajak warga untuk menyumbangkan sebagian rezekinya untuk membantu korban gempa.

"Mari sama-sama kita doakan agar bencana segera berakhir dan masyarakat disana diberikan ketenangan dan ketabahan, bagi yang memiliki kelebihan rezeki mari kita bantu mereka yang terkena musibah," ujar Wabup.

Wabup mengingatkan, bahwa musibah yang terjadi merupakan peringatan dari Allah kepada umatnya, untuk itu sekali lagi Wabup mengajak kepada masyarakat Meranti untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa, dengan menjauhi diri dari perbuatan maksiat dan tercela.

"Jika menemukan praktek maksiat, narkoba prostitusi dan pergaulan bebas jangan segan saling mengingatkan, jika membiarkan berarti kita terlibat. Sekali lagi mari kita perangi segala bentuk kemaksiatan," ucapnya lagi.

Sementara itu Ustad M. Khoir Al-Khusairi dalam khutbahnya menjelaskan, makna perayayaan Idul Idha yang dilaksanakan tiap tahun. Menurutnya ada beberapa pesan dari Allah yang tersirat, yakni sifat terpuji yang membuktikan kecintaan umat muslim kepada Allah yang maha pencipta, maha besar dan pemberi rezeki.

"Oleh karena itu marilah kita didik anak agar menjadi anak yang sholeh, patuh pada orang tua dan menjalankan perintah Allah, anak adalah amanah dari Allah maka anak yang akan membawa orangtunya masuk ke Syurga," jelasnya.

Senada dengan Wakil Bupati, ia juga mengajak masyarakat untuk menjauhi kemaksiatan seperti menjauhi khomar, serta sifat durhaka kepada kedua orang tua.

Usai melaksanakan Sholat Idul Adha, Wakil Bupati Said Hasyim bersama Sekda Yulian Norwis, Kabag Humas dan Protokol Heri Saputra melakukan peninjauan pemotongan hewan kurban bantuan Pemkab Kepulauan Meranti pada Mushola dan Masjid yang tersebar di Kota Sepatpanjang.

Dari informasi Kabag Kesra Setdakab Meranti, Husni Gamal melalui Kasubbag Alpian, jumlah hewan kurban yang diberikan oleh Pemkab Kepulauan Meranti kepada pengurus Masjid dan Mushola yang tersebar di daerah ini sebanyak 33 ekor Sapi. (mcr/san)