ADVERTORIAL PEMKAB INDRAGIRI HILIR

Zulaikha Wardan Rapatkan Hasil Rakon PKK di Inhil


RIAU MERDEKA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikha Wardan beserta 6 pengurus TP PKK Inhil mengikuti Rapat Konsultasi (Rakon) PKK tingkat Provinsi Riau. Rakon dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Wakil Gibernur Riau, Selasa (18/7/2017) malam.

Bertempat di salah satu hotel di Pekanbaru, rapat tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK provinsi Riau, narasumber, sejumlah kepala OPD di lingkungan pemprov Riau, ketua TP PKK kabupaten/kota seprovinsi Riau beserta anggota, ketua organisasi wanita se-Provinsi Riau.

Rapat yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini mengangkat tema "Kita Laksanakan Konsolidasi Program sebagai Sarana Mewujudkan Akselerasi Program-program PKK". Peserta pada rapat kali ini berjumlah 150 orang.

Maksud dari rakon ini ialah untuk menyampaikan materi dan informasi hasil rakernas dan rakon PKK nasional berupa program-program TP PKK untuk 5 tahun ke depan dan program unggulan dari masing-masing pokja. Tujuannya untuk menyelaraskan program TP PKK se-Provinsi Riau. Narasumber berasal dari pengurus PKK pusat dan daerah.

Pada kesempatan tersebut, sambutan Gubernur Riau dibacakan oleh Wan Thamrin Hasyim. Ia mengucapkan rasa bangga terhadap PKK karena menurutnya PKK telah banyak membawa hal yang meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Peran yang diemban TP PKK secara kelembagaan telah dapat tumbuh dan berkembang apalagi dengan menjaga kemitraan yang semakin harmonis dengan pemda. PKK provinsi Riau telah terstruktur, barangkali beban dan tanggung jawab secara moral dapat sukses di tempat masing-masing", tuturnya.

Ia mengimbau dan mengajak segenap jajarn TP PKK provibsi Riau untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian dan dedikasi terhadap masyarakat.

"Saya harap setidaknya TP PKK semakin mengembangkan dan memperluas cakupan dengan menjalin kemitraan dan komponen yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Mudah-mudahan dengan kehadiran kelembagaan itu dapat memberikan harapan bagi Provinsi Riau", harapnya.

Sementara itu ketua TP PKK Provinsi Riau, Hj Sisilita Arsyadjuliandi menyatakan rakon ini berfungsi untuk meenyelaraskan program PKK di setiap jenjang dan merupakan wadah konsolidasi pengurus PKK seprovinsi Riau. "Persepsi pengurus TP PKK perlu disamakan pemahaman yang mantap akan program nasional hendaknya dimiliki dari tingkat provinsi bahkan kelurahan agar dapat menjadi pemberdaya masyarakat yang baik," ujarnya.

Selain itu, Sisilita menjelaskan bahwa mewujudkan tujuan PKK ini dengan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan keluarga yag beriman dan diselaraskan dengan visi dan misi, sumber daya manusia pengurus dan kepemimpinan yang berkualitas, dan program PKK yang realistis.

Kunci dari kesuksesan adalah dengan menerapkan panca etika, yaitu etika kepemimpin, etika organisasi, etika komunikasi, etika kultural, dan etika berkoordinasi. Ia juga mengimbau agar pengurus PKK dapat menjadi pribadi yang disenangi masyarakat.

Sedangkan Hj zulaikhah Wardan mengatakan bahwa rakon tingkat provinsi ini merupakan salah satu program dan sebagai salah satu tindak lanjut dari rakon tingkat nasional tahun 2017.

"Seharusnya nanti kita akan tindak lanjuti dengan melaksanakan rakon tingkat kabupaten, kemudian di tingkat kecamatan, hingga tingkat desa dan kelurahan yang tujuannya ialah untuk menyamakan persepsi dan pandangan tentang program-program yang akan dilaksanakan TP PKK di berbagai jenjang kepengurusan dalam rangka melaksanakan 10 program pokok PKK", terangnya.

Pembukaan rakon ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Provinsi Riau dengan rincian sebagai berikut:

-Lomba Administrasi PKK

Juara I Kabupaten Bengkalis

Juara II Kabupaten Inhu

Juara III Kabupaten Siak

-Lomba PKDRT

Juara I Kabupaten Pelalawan

Juara II Kota Dumai

Juara III Kabupaten Bengkalis

-Lomba UP2K PKK

Juara I Kabupaten Inhu

Juara II Kabupaten Kepulauan Meranti

Juara III Kabupaten Kuansing

-Lomba Hatinya PKK

Juara I Kabupaten Rohil

Juara II Kabupaten Kuansing

Juara III Kabupaten Kampar

-Lomba Iva Test

Juara I Kabupaten Inhil

Juara II Kota Pekanbaru

Juara III Kabupaten Pelalawan

(Adv)