Pertumbuhan Ekonomi Inhu Diatas Riau Tahun 2017


RIAU MERDEKA - Pertumbuhan ekonomi di kabupaten Indragiri Hulu berada pada rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada tahun 2017, untuk Riau massih berada dibawah pertumbuhan ekonomi Sumatera dan dibawah rata-rata pertumbuhan ekononomi nasional.

Pertumbuhan ekonomi Riau saat ini berada pada angka 2,41 persen. Sementara untuk Nasional berada pada angka 5,03 persen. sementara laju pertumbuhan ekonomi Riau hanya 2,71."Pertumbuhan ekonomi memperlihatkan tingkat keberhasilan pembangunan daerah dalam periode waktu tertentu, tegas kepala Bidang Fisik dan Pembangunan Bappeda Riau Purnama Irwansyah saat hadir dalam pelaksanaan Musrenbang kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (14/3) di gedung Dang Purnama Rengat.

Dikatakannya, meningkatnya pertumbuhan ekonomi menunjukkan adanya kenaikan pada produksi barang dan jasa disuatu daerah dan untuk Riau, sektor industri pengolaan merupakan pertumbuhaan terbesar di Riau pada tahun 2017 lalu.

Menurutnya, tahun 2015 lalu merupakan pertumbuhan ekonomi terburuk di provinsi Riau. Ini disebabkan menurunnya harga komonitas utama Riau seperti kelapa sawit, Migas dan terjadi bencana asap. Namun tahun 2016 dan 2017 terjadi peningkatan dari sebelumnya terutama pada sektor pariwisata dan Non Migas.

Untuk Indragiri Hulu, dikatakannya berada diatas rata-rata provinsi Riau yakni 3,68 persen."Ini tentunya perlu kita apresiasi dan diharapkan akan terus terjadi peningkatan dan tentunya akan juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau nantinya.

selain itu juga untuk kemiskinan di Indragiri Hulu, juga berada dibawah rata-rata provinsi Riau 7,41 persen, Sumatera 10,04 persen dan Nasional 10,12 persen. Sementara Indagiri Hulu hanya 7,15 persen. Begitu uga dengan pengangguran, di Inhu hanya 4,82 persen penduduk yang menganggur, sementara rata-rata Riau mencapai 6,4 persen.

"Artinya tersedia banyak lapangan kerja di kabupaten Indragiri Hulu, ucap Purnama. (MCR/ana)


TERKAIT