RIAU MERDEKA / Budaya / PDIP Usulkan Kebaya Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

PDIP Usulkan Kebaya Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

Budaya - Redaksi |
Selasa, 13/03/2018 - 14:29:26 WIB

RIAU MERDEKA - Sekretaris Badiklatpus DPP PDIP Eva Sundari mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pesan bahwa militansi perjuangan ideologis yang panjang akan mudah dijalani bila ikhlas dan gembira. Oleh karena itu, usai pendidikan kader khusus perempuan nasional, PDIP memperjuangkan Hari Kebaya Nasional dengan Rampak Sarinah.

"Rampak Sarinah memperjuangkan Hari Kebaya Nasional dan akan mengusulkan kebaya sebagai national heritage kepada UNESCO," Eva, Senin (12/3).

Mereka juga menandatangani janji perjuangan mengerakan perempuan nasionalis untuk mewujudkan keadilan sosial.

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak PDIP, Sri Rahayu mengatakan, Rampak Sarinah memilih kebaya sebagai wujud atas amanah Trisakti ketiga yaitu berkepribadian dalam kebudayaan. Hasil riset menunjukkan bahwa sudah sejak dahulu kebaya adalah pakaian ibu-ibu berbagai suku di Nusantara.

"Gerakan Rampak Sarinah mendukung gagasan dan bekerjasama dengan komunitas perempuan lain untuk mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan Hari Ibu tanggal 22 Desember sekaligus sebagai Hari Berkebaya Nasional. Penetapan Hari Berkebaya Nasional ini akan menjadi salah satu alasan untuk mengusulkan Kebaya sebagai warisan budaya nusantara Indonesia kepada UNESCO," katanya.

Selain itu, kata dia, Rampak Sarinah mengajak semua perempuan untuk membangun gerakan perempuan berdasar ideologi negara yaitu Pancasila. Sekaligus menjalankan tugas peradaban sebagai pendidik pertama dan pembentuk karakter nasionalis kepada anak-anak dan keluarga.

"Sebagaimana pesan Sukarno, perempuan harus mengatasi ketertinggalan mereka untuk menjadi sama kuat dengan laki-laki agar menjadi 2 sayap Garuda untuk terbang tinggi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Usai pelatihan mereka pun goyang maumere dan jarang goyang. Semuanya enggunakan kebaya putih dan berkain Nusantara serta kerudung berwarna merah bagi yang muslim.

Sumber: merdeka.com




(209) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved