RIAU MERDEKA / Budaya / Dispar Riau Gelar Panggung Seni Kreatif di Bandar Serai

Dispar Riau Gelar Panggung Seni Kreatif di Bandar Serai

Budaya - Redaksi |
Minggu, 11/03/2018 - 17:06:42 WIB

RIAU MERDEKA - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, menggelar acara panggung seni kreatif episode ke-dua. Kegiatan yang dimulai pada pukul 20.00 WIB itu cukup ramai dihadiri pengunjung dari berbagai lapisan komunitas di Pekanbaru.

Panggung Seni Kreatif ke-dua digelar di kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar  Serai), jalan Sudirman Pekanbaru, diawali penampilan grup Sendratasik UIR, dengan menyajikan eksplorasi tarian-tarian nusantara. Memberikan pengamalan estetika panggung bagi mahasiswa dalam mengenal jenis tarian yang ada di nusantara ini.

Sedangkan musik yang digarap oleh sendratasik. Yakni, komposisi musik yang berangkat dari musik tradisi, dengan menghadirkan kolaborasi, yakni semakin menjadikan karya musik yang baru.

Penampilan selanjutnya, dari SMA Cendana, Rumbai, Pekanbaru yang menyajikan musikalisasi, pemain gambus, karya Idrus Tintin, merah putih genting, karya Iyut Fitra, serta Bahasa Bangsa, karya M Yamin.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dispar Riau, R Dandun Wibawa, pada saat menghadiri acara tersebut menuturkan, kegiatan Bidang Ekraf yang digelar setiap hari sabtu malam minggu itu, menyajikan berbagai pertunjukan, serta genre seni. Baik itu seni apresiasi, seni hasil kreatifitas sekolah maupun kelompok atau komunitas musik dan band yang ada di Riau.

"Panggung ini merupakan kegiatan terobosan untuk menopang aktifitas kawasan Bandar Serai. Dispar Riau melalui Bidang Ekraf serta Riau Creative Centre (RCC), akan menggelar 40 atraksi seni yang dikemas dalam acara pertunjukan seni kreatif 2018," kata Kabid Ekraf Dispar Riau, R Dandun Wibawa, Sabtu (10/3/18) malam.

"Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat yang berkunjung Bandar Serai, dan menjadi alternatif hiburan bagi pengunjungnya," katanya lagi.

Guru pembina SMA Cendana Pekanbaru, Bambang, pada saat mendampingi murid-muridnya yang berkesempatan tampil pada acara itu, juga turut menyampaikan kegiatan yang digelar oleh Dispar Riau sangat membantu para pelaku seni dalam menampilkan karya-karyanya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata provinsi Riau khususnya bidang ekonomi kreatif.

Acara ini cukup bagus semoga acara ini dapat berjalan lanjut dengan melibatkan komunitas seni lainya," ungkap, Bambang.

Selanjutnya, dipenghujung acara panggung seni kreatif episode ke-dua, menampilkan IDEA Band dari Pekanbaru, yang membawakan karya-karyanya ciptaannya serta beberapa lagu kover dari Armada band. Tepat pada pukul 23.00 WIB acara pun selesai, diakhiri kegiatan foto bersama seluruh pengisi acara dengan panitia yang terlibat pada event itu.(MCR/mtr)


(319) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved