RIAU MERDEKA / Pemkab Rokan Hilir / Bupati Rohil dan Gubri Hadiri Acara Restocking Benih Ikan

ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HILIR
Bupati Rohil dan Gubri Hadiri Acara Restocking Benih Ikan

Pemkab Rokan Hilir - Redaksi |
Rabu, 22/11/2017 - 17:23:55 WIB

RIAU MERDEKA - Bupati H. Suyatno bersama Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman dan Wagubri H. Wan Thamrin Hasyim  menghadiri acara restocking benih ikan Baung sebanyak sekitar 58.500, di Sungai Rokan dan Pulau Tilan. Pada saat juga dilaksanakan penyerahan klaim Asuransi dan Kartu Asuransi Nelayan (KAN) senilai Rp 160.000.0000 (seratus enam puluh juta rupiah) berikut penyerahan bingkisan kepada 70 org Khalifah yg berasal disekitar Sungai Rokan, Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih.

Selanjutnya pada hari yg sama dilakukan pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan SPAM Durolis di Kecamatan Tanah Putih Tj Melawan,  sebelum dilakukan pemancangan tiang pancang itu, terlebih dahulu dilakukan ritual pemotongan seekor kambing jantan berwarna hitam. Kemudian  darahnya dioleskan pada tiang pancang yg diiringi doa khatib togak yg dipercayai sebagai ‎penolak bala dan merupakan tradisi turun temurun daerah pesisir Rokanhilir.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap.  Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada TA. 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih  TJ Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako) Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir).

Masing-masing jumlah sambungan rumah yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. Berbahan baku  dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya utk digunakan air minum, Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp 800 Milliar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota masing masing.

Bupati H Suyatno dalam pidatonya mengusulkan, agar nama SPAM (DUROLIS) diubah menjadi RODULIS yg bermakna Rokanhilir, Dumai dan Bengkalis. Hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD Provinsi Riau daerah Pemilihan Rokanhilir, DPRD Kabupaten serta para tokoh masyarakat.

Direktur Sistem Pengembangan Air Minum Kementerian PUPR Ir Muhammad Sundoro MSc‎ menyebutkan, Bahwa pembangunan sudah ada dalam program kerja Presiden Jokowi dan telah menjadi Perpres sehingga sulit untuk dirubah.

Pada kesempatan itu juga diteken Memorandum of Understanding (Mou) SPAM Regional oleh Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman kepada Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, dan Bupati Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin S.E dan disaksikan oleh Wagubri H Wan Thamrin Hasyim, Danrem Wirabima Brigjend TNI Abdul Karim, Danlanal Dumai, serta para anggota DPRD prov Riau pemilihan kabupaten Rokanhilir.

Turut hadir kegiatan tersebut Pimpinan DPRD prov Riau dan Anggota, Brigjend TNI Edi Nasution,Tokoh masyarakat H. Saleh Djasit, Azlaini Agus, H Bistamam, Forkopimda Rohil,Pimpinan DPRD rohil dan anggota,Sekretaris Daerah H. Surya Arfan Msi,dan para kepala Opd lingkungan pemerintah kabupaten Rokanhilir. (Adv/humas)

Foto Palasroha.
Bupati H. Suyatno bersama Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman dan Wagubri H. Wan Thamrin Hasyim

Foto Palasroha.
Bupati H. Suyatno bersama Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman dan Wagubri H. Wan Thamrin Hasyim pada Saat Melepaskan Bibit Ikan

Foto Palasroha.
Bupati H. Suyatno bersama Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman dan Wagubri H. Wan Thamrin Hasyim Selesai Melepaskan Bibit Ikan

(480) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved